Sabtu, 22 Februari 2014

Pertumbuhan dan Perkembangan


Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Kecambah

Kata Pengantar

Puji syukur kita panjatkan kehairat Allah SWT. Atas berkah, rahmat, dan hidayah-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini tepat pada waktunya. Tak lupa pula shalawat dan taslim penulis kirimkan kepada Nabiullah Muhammad SAW yang membawa kita dari alam jahiliyah menuju alam yang seperti sekarang ini.
Adapun laporan yang penulis buat yang berjudul “Pengaruh Cahaya pada Pertumbuhan dan Perkembangan Kecambah”. Laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran biologi, selain itu tujuan dari laporan ini yaitu menambah wawasan tentang pengaruh cahaya pada pertumbuhan dan perkembangan pada kecambah.
Laporan ini masih sangat jauh dari kesempurnaan maka dari itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran dari semua pihak. Semoga laporan ini bermanfaat bila ada salah kata penulis mengucapkan permintaan maaf yang sebesar-besarnya karena penulis hanyalah manusia biasa yang  tak luput dari kesalahan. Terima kasih atas segala perhatiannya.

Sengkang, 27 September 2013


Penulis










Daftar Isi
Halaman Judul …………………………………………………………………………………………………………….. i
Kata pengantar …………………………………………………………………………………………………………… ii
Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………………………… iii
Bab I Pendahuluan
     Landasan Teori …………………………………………………………………………………………………........... 1
  Rumusan Masalah ……………………………………………………………………………………………............. 1
  Tujuan ………………………………………………………………………………………………………………........... 1
Bab II Isi ……………………………………………………………………………………………………………………….. 2
Bab III Penutup
   Kesimpulan ……………………………………………………………………………………………………….......... 5
   Saran ………………………………………………………………………………………………………………........... 5













Bab I
Pendahuluan
A.     Landasan Teori
Setiap makhluk hidup termasuk tumbuhan, akan mengalami perubahan bentuk, ukuran, maupun volumenya. Dan dalam jangka waktu tertentu, biji yang ditanam dalam suatu wadah akan memunculkan akar, batang, dan daun. Dan pada akhirnya, bentuk tersebut akan berubah menjadi tumbuhan dewasa yang lengkap dengan bagian akar, batang dan daun. Bahkan, ada yang sampai menghasilkan bunga dan buah. Oleh karena itu ada beberapa factor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada suatu tanaman.

B.     Rumusan Masalah
Dari landasan teori di atas untuk memastikan kebenarannya timbul beberapa permasalahan diantaranya:
1.        Apakah cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman?
2.      Bagaimana keadaan tanaman jika diletakkan di tempat yang terkena langsung dengan sinar matahari, tanaman yang diletakkan di tempat yang tidak terkena lansung dengan sinar matahari, dan tanaman yang diletakkan di tempat yang tidak terkena cahaya sedikitpun?

C.     Tujuan
Dari rumusan masalah diatas adapun tujuan yang akan dicapai yaitu:
1.     Untuk mengetahui apakah cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan suatu tanaman
2.   Untuk mengetahui keadaan tanaman jika diletakkan di tempat yang terkena langsung dengan sinar matahari, tanaman yang diletakkan di tempat yang tidak terkena lansung dengan sinar matahari, dan tanaman yang diletakkan di tempat yang tidak terkena cahaya sedikitpun?







Bab II
Isi

Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Kecambah
  • Tujuan Pengamatan :    Mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan pada kecambah (kacang hijau).
  • Alat dan BahanAlat dan bahan yang digunakan:1.        Biji kacang hijau2.      Wadah kecil (gelas aqua)3.      Tanah subur4.      Air5.      Penggaris
  •  Cara Kerja :1.        Rendam biji kacang hijau yang akan ditanam selama 2 jam2.      Setelah direndam biji kacang hijau di tanam dalam 3 wadah yang berbeda3.      Setelah ditanam wadah I diletakkan pada tempat terang (langsung terkena sinar  
          matahari), wadah II diletakkan pada tempat remang-remang (tidak terkena
          langsung sinar matahari), dan wadah III diletakkan pada tempat gelap (tidak
          terkena sinar matahari / cahaya).
    4.      Amatilah pertumbuhannya setelah satu minggu dan ukur tinggi tanaman yang
          tumbuh.
  • Hasil Pengamatan :
          1.     Variabel Kontrol :  1.  Kecambah (Kacang Hijau
                                              2. Media tanam (Pupuk Kandang & Tanah)
          2.  Variabel bebas     : Jumlah Pupuk & Tanah
        3.  Variabel Terikat : Kecambah
     Tabel Pertumbuhan Kecambah :

Hari
Gelap
Remang-Remang
Terang
Ke-1
2.7
1.8
0.6
Ke-2
5.9
3.4
2.3
Ke-3
8.8
5.2
3.9
Ke-4
13.5
7.8
4.7
Ke-5
16.9
9.4
6.3
Ke-6
20.7
12.2
7.2
Ke-7
24.8
14.9
8.5


     Gambar pertumbuhan kecambah pada hari ke-7




Bab III
Penutup

Kesimpulan
Cahaya berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan suatu tumbuhan. Cahaya merupakan faktor eksternal, selain cahaya factor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman yaitu: nutrisi; air; suhu; pH tanah; aerasi. Selain factor eksternal ada juga factor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan antara lain: factor gen dan factor fisiologis (hormon).
Pertumbuhan kecambah diluar ruangan / yang terkena cahaya lebih lambat pertumbuhannya dibanding dengan yang berada diruang yang remang dan gelap karena Hormon Auksin yang berfungsi memacu pemanjangan sel tak bekerja secara maksimal akibat terkena cahaya. Namun terlihat jelas bahwa kecambah yang terkena cahaya lebih hijau  dibanding dengan kecambah yang berada diruangan yang remang dan gelap.
Pertumbuhan kecambah diruangan yang remang bertumbuh dengan cepat karena hormon auksin yang bekerja namun daun dan batangnya tak terlihat baik, daunnya berwarna hijau muda dan batangnya berwarna pucat.
Pertumbuhan kecambah diruangan yang gelap bertumbuh dengan sangat cepat kaena auksin bekerja secara maksimal namun kekurangan dari kecambah yang berada diruang gelap yaitu daun nya berwarna hijau kekuning-kuning-an dan batangnya berwarna pucat dan agak layu.
Terjadi Fototropisme pada tanaman yang berada diruangan yang remang dan gelap.



Saran
Penelitian ini masih jauh dari kesempurnaan, jika para pembaca ingin lebih yakin dan percaya tentang penelitian ini, anda dapat melakukannya kembali dengan lebih teliti dan dengan penyempurnaan-penyempurnaan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar